Senin, 07 September 2015

Dua sisi Social Media





Social Media atau Media sosial merupakan hal yang tak asing lagi hari ini. Yup.. Siapa yang tak kenal dan punya social media atau sering di singkat sosmed.

Contohnya facebook situs pertemanan yang puluhan juta manusia di dunia punya facebook. Lalu, ada twitter yang hanya memuat tulisan 160 karakter. Instagram dimana kita pasang foto dan video.

Sebelum facebook, ada friendster (fs) sama seperti facebook maka friendster juga merupakan situs pertemanan. Sama halnya dengan tagline Nokia "connecting people" maka social media yang berkembang saat ini bisa menghubungkan orang-orang disana yang terpisah jarak dan waktu tetapi bisa berkomunikasi dengan cepat.

Tak terhitung lagi banyak aplikasi social media yang berkembang cukup pesat. Path,Pinterest, Youtube dan blog seperti yang saya tulis disini merupakan produk dari social media.


Menurut wikipedia :
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Social media memang punya dua sisi yang berlawanan positif maupun negatif. Positif karena kita tidak terhalang jarak dan waktu bisa berkomunikasi dengan siapapun dengan cepat. Negatif, banyak juga beranggapan karena social media, orang-orang jadi lupa untuk berkomunikasi langsung karena asik dengan gadget masing-masing atau bisa disalahgunakan untuk perbuatan kejahatan. Ya, tidak bisa dipungkiri banyak kasus social media dari penipuan,bullying, prostitusi online dan kejahatan virtual (cyber crime).

Tapi, kalau kita lihat banyak orang juga melihat dengan social media bisa menjadi sumber penghasilan. Instagram,facebook,twitter jadi wadah jualan selain mudah,murah dan akses yang cepat hanya dengan kuota internet maka orang tidak perlu susah untuk berjualan secara offline.

Hal ini juga tak lepas dari peran teknologi digital yang berkembang pesat. Pertanyaannya sudah siap kah kita menggunakan social media dengan bijak?

Jawabannya ada dalam diri kita bagaimana kita menyikapi dan menggunakan social media untuk kepentingan yang akan berdampak positif atau negatif. Kalau kita menggunakan secara positif maka hasilnya akan positif juga begitupula sebaliknya.

sumber gambar centre.upeace.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar